Heboh! Soal Matematika Anak SD Ini Viral Karena Jawaban Si Murid Disalahkan Guru. Menurutmu, Siapa yang Benar?

Ini adalah kesekian kalinya soal pelajaran untuk anak SD menjadi viral dan menuai perdebatan. Kalo soal-soal yang didebatkan setingkat kalkulus, fisika kuantum, dan soal-soal lain yang jadi makanan sehari-harinya Einstein, masih wajar. Tapi, ini yang didebatkan malah soal untuk anak SD, yang notabene cuma seputar tambah dan kurang. Apakah ini pertanda bahwa sebenarnya kebanyakan kualitas SDM kita masih sebatas sekolah dasar?
Soal satu ini membahas mengenai jumlah sendok ibu. Kenapa jumlah sendok ibu saja dibahas? Karena semua barang rumah tangga itu udah ditandai sama ibu. Jangan coba-coba ngilangin. Apalagi ngilangin taperwer. Behh..bisa-bisa namamu dicoret dari Kartu Keluarga.
Soal itu berbunyi sebagai berikut: "Sendok yang digunakan untuk makan ada 6. Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai. Jadi berapa jumlah sendok Ibu?"
Sederhana kan soalnya? Si murid pun dengan yakin menjawab 20 sendok. Dan kalau dipikir dengan logika, ya emang ada 20. Karena ada kata "MASIH" disitu.
Sayangnya, menurut sang guru, jawaban ini salah. Yang benar adalah, ibu mempunyai 8 sendok. Kenapa bisa begitu? Silakan tanya pada rumput yang bergoyang.
Ternyata koreksi guru ini malah jadi perdebatan netizen. Netizen menganggap bahwa jawaban sang murid lebih masuk akal.
Diaz As Ragncloudia: "Sudah jelas kata kuncinya di MASIH dan BELUM TERPAKAI, ini sih jelas gurunya yg salah, dan bukan salah persepsi karena kalimatnya sama sekali tidak ambigu."
Tommy Azhar Shiddiq: "Itu ada kata 'ibu masih mempunyai' artinya yg 6 dipake makan itu punya ibu, DITAMBAH sendok yang MASIH DIMILIKI ibu. Ya 6+14 donk. Kecuali klo kalimatnya ibu punya 20 sendok, 6 dipake makan, berapa sendok yg msh bersih baru jawaban si guru bener. Dlm hal ini murid yg bener 14+6 = 20 sendok yg dimiliki ibu."

Abu Nanda Raisa: "Jumlah sendok ibu ada 14 sendok (sudah diakui secara sah ^_^), dan 6 sendok yg dipakai untuk makan, ga jelas siapa yg punya, bisa jadi milik tk. bakso, tk. somay, tk. ketoprak, RM. Padang, dll..(tergantung makannya dimana?)"
Kalau menurut ane sendiri, yang bener ya muridnya. Apalagi, si guru memakai kata-kata, "Berapa JUMLAH sendok ibu." Ya udah pasti dijumlahkan dong. Kecuali kalo soalnya tuh kayak gini, "Ibu mempunyai 14 sendok. Yang udah digunakan adalah 6. Berapa sisa sendok ibu?" Kalo soalnya gini, baru tuh jawaban sang guru bener.
Jadi, apa hikmah yang bisa kita ambil dari soal ini? Lain kali, kalo makan itu gak usah pake sendok. Pake tangan saja sudah. Mau makan saja pun susah. Pake hitung-hitungan dulu.
Kalau menurutmu, jawaban siapa yang benar?
feminan.com
loading...
close